Deskripsi Obyek Dan Wilayah Penelitian A Latar Belakang



Keterangan eBook
Author staffPBP
CreationDate 2013-05-06T10:58:14+07:00
Creator PDFsharp 1.2.1269-g (www.pdfsharp.com)
ModDate 2013-05-06T10:58:18+07:00
Producer PDFsharp 1.2.1269-g (www.pdfsharp.com)
Pages 11 Page
Ukuran File 74 KB
Dibuka 61 Kali
Topik Contoh Proposal
Tanggal Unggah Friday, 25 Nov 2016 - 09:54 PM
Link Unduh
Baca Halaman Penuh BUKA
Rating eBook
Bagi ke Yang Lain

Kesimpulan

BAB IIDESKRIPSI OBYEK DAN WILAYAH PENELITIANA.Latar BelakangSurat kabar merupakan salah satu media informasi yang sangat bermanfaat bagimasyarakat.Surat kabar sebagai penyalur informasiyangsangat penting perannyadalam kehidupan sehari-hari. Berita yang dimuat dalamsurat kabarharianKompasbisa menambah informasi tentang kejadian yang terjadi di Indonesia maupun diseluruh dunia. Dengan membaca surat kabar wawasan akan terbuka tentang informasidan perkembangan ilmu pengetahuan yang terbaru.Persaingan surat kabar dan berbagai media cetak lainnya denganmedia elektronikseperti televisi, menuntut media cetak yang satu ini memiliki nilai lebih dalampenyajian berita. Nilai lebih yang dimaksudkan ialah berbagai kelebihan yangdimiliki surat kabar dalam menyajikan informasi dan berita yang tidak akan perolehdari media informasi lainnya.Saat ini Indonesia terdapat banyak surat kabar yang beredar menyajikan berbagaiberita dan salah satunyaadalah surat kabar harian Kompas. Surat kabar harianKompassebagai salah satu harian nasional memiliki banyak kelebihan dibandingdengan koran lainnya.Surat kabar harian Kompas adalah salah satu surat kabar diIndonesia yang bertaraf nasional. Surat kabar harian Kompas merupakan surat kabaryang dapat dipercaya kebenarannya. Keeksisan Surat kabar harian Kompas selama inimenjadi bukti jika Kompas memang layak untuk dipercaya.

23Kompas dikenal sebagai pemimpin pasar bagi koran-koran yang lain, dalam artiharga langganan dan harga ecerannya tertinggi diantara koran lainnya sehingga koranlain tidak berani melebihi harganya. Sebagai harian yang menjadi pemimpin pasar,sudah semestinya kompas memiliki mutu yang sudah tidak diragukan lagi. Baik dariisinya maupun dari unsur kebahasaannya. Harian kompas selalu menyajikan berita-berita yang terkini yang terjadi selama satu hari sebelumnya.Keunggulan Kompas dibanding koran lain karena disebabkan dua hal utama.Pertama, sekalipun berita masih kurang, terutama berita lokal, Kompas terhitungbanyak isinya dibanding koran nasional lain. Kedua, penyajian ragam ilmupengetahuan secara tematik dan rutin. Hal ini menjadi nilai lebih karena koran laintidak mengambil ilmu pengetahuan sebagai salah satu 'komoditi' yang penting.Sebagai surat kabar yang sudah lama eksis di Indonesia, tentu saja surat kabarharian Kompas memiliki keunggulan dibandingkan dengan surat kabar lainnya. Suratkabar tersebut dapat dilihat dari konten berita yang dimuat didalamnya, terutamadalam konten berita utama. Konten yang membahas berita aktual dan terbaru, sertaberita–berita yang sedang menjadi sorotan publik. Berita utama biasanya ditampilkandalamheadline. Melalui berita utama ini pembaca dapat mengikuti perkembanganberbagai peristiwa penting terjadi.Menurutsumberyang diambil oleh penelitidariwww.kompas.compada bulantanggal 09 Maret 2011 makadiperolehcompany profileperusahaan Kompas dandapat di jelaskan latar belakang perusahan sebagai berikut:

24Jenis:Surat kabarharianFormat:KoranPemilik:KelompokKompasGramediaDidirikan:28 Juni1965Markas besar:JakartaSitus web:www.kompas.comHarianKompasadalah namasurat kabarIndonesiayang berkantor pusat diJakarta.Kompasadalah bagian dariKelompokKompasGramedia. Untukmemudahkan akses bagi pembaca di seluruh dunia,Kompasjuga menerbitkan edisidaringbernamaKompasCyber Media, berisi berita-berita yang diperbarui secaraaktual.Kompasadalah satu-satunya koran di Indonesia yang diaudit olehAudit Bureauof Circulations(ABC).Ide awal penerbitan harian ini datang dariJenderalAhmadYani, yang mengutarakan keinginannya kepadaFrans Sedauntuk menerbitkan suratkabar yang berimbang, kredibel, dan independen.Frans kemudian mengemukakan keinginan itu kepada dua teman baiknya,P.K.Ojong(1920-1980) danJakob Oetama. Ojong langsung menyetujui ide itu danmenjadikan Jakob Oetama sebagai editorin-chiefpertamanya.

25Dalam situsnya (www.kompas.com), awalnya harian ini diterbitkan dengan namaBentara Rakyat. Atas usul PresidenSoekarno, namanya diubah menjadiKompas,sebagai media pencari fakta dari segala penjuru.Kompasmulai terbit pada tanggal28Juni1965berkantor diJakarta Pusatdengan tiras 4.800 eksemplar. Sejak tahun1969,Kompasmerajai penjualan surat kabar secara nasional. Pada tahun2004, tirashariannya mencapai 530.000eksemplar, khusus untuk edisiMinggunyamalahmencapai 610.000 eksemplar. Pembaca koran ini mencapai 2,25 juta orang di seluruhIndonesia.Seperti kebanyakan surat kabar yang lain, harianKompasdibagi menjadi tigahalaman bagian, yaitu bagian depan yang memuat berita nasional dan internasional,bagian berita bisnis dan keuangan, serta bagian berita olahraga. Pada tahun21 Januari1978, menyusul pemberitaan pencalonan Soeharto sebagai presiden untuk ketigakalinya dan demo menentang korupsi yang marak, tujuh harian (Kompas,SinarHarapan,Merdeka,Pelita,The Indonesian Times,Sinar Pagi, danPos Sore) dilarangterbit atas perintahSudomo.B.Kompase-paperBerdasarkanwww.kompas.com,Kompase-paperataukoran digitalKompasadalah versielektronikdari koran Kompas yang diluncurkanKelompok KompasGramediapada tanggal 1 Juli 2009. Inovasi ini sebenarnya telah ada dari tahun 2008akan tetapi setelah melalui beberapa perbaikan barulah Kompas epaper ini dapatbenar-benar diakses.

26Kompase-paperini tidak sama dengan Kompas.com. Apabila padaKompas.com, informasi-informasi yang diberikan berbeda dengan Kompas cetakmaka Kompas epaper memiliki berita yang sama dengan Kompas cetak akan tetapiepaper berbentuk digital. Sampai saat ini Kompas e-papertidak memungut biaya,namun membutuhkan plugin tambahan, yaituMicrosoft Silverlightyang wajibdipasang terlebih dahulu.C.Kompas CetakKompascetak adalahkoran digitalKompasversielektronik(www.kompas.com),Kompascetak tidak membutuhkan plugin tambahan. Berita yang ada disini samapersis dengan yang ada pada versi cetak (non-elektronik) namun kadang ada beritayang tidak ditambahkan di sini. Iklan yang ada pada versi cetak (non-elektronik) punditiadakan disini. Mulai tanggal 1Juli 2010 HarianKompasedisi cetak diKompas.com seluruhnya berganti menjadi edisi e-Paper HarianKompas. PadaAgustus 2010,KompasCetak kembali lagi dengan desain baru.Cikal bakal berdirinya KelompokKompasGrameda (KKG) diawali denganditerbitkannya Majalah Intisari pada tahun 1963. Dua tahun kemudian, tepatnya padatanggal 28 Juni 1965, ditengah usaha untuk menembus situasi keterbatasan informasiyang terjadi pada saat itu, diterbitkanlah sebuah koran barubernamaKompasoleh PKOjong (alm), Jakob Oetama (saat ini Presdir KKG) dkk. Saat iniKompasterkenalsebagai koran berskala nasional terbesar di Indonesia, dengan oplah lebih dari600.000 per-hari.

27Dengan idealisme dan semangat untuk memberikan informasiyangobyektifkepada masyarakat, KelompokKompasGramedia (KKG) mengkhususkan diri untukbergerak di bidang mediakomunikasi, baik melalui media cetak maupun audiovisual.Baru pada sekitar tahun 80-an, KelompokKompasGramedia mulai melakukandiversifikasiusaha, di luar bidang utamanya. Selain untuk mendukung usaha inti dibidang komunikasi, pengembangan usaha ini juga dimaksudkan untuk memperluaslapangan kerja sejalan dengan usaha pemerintah untuk mengatasi masalahketenagakerjaan di Indonesia.Seiring dengan pesatnya pertumbuhan dan perkembangan bisnis perusahaan,secara struktur organisasi KelompokKompasGramedia terbagi atas berbagaikelompok usaha (SBU) berdasarkan jenis usaha/ jasa layanan yang dilakukan, seperti:Kelompok Percetakan,Kompas, Majalah, Gramedia Pustaka Utama (GPU),Penerbitan & Multi Media (MMSP), Perdagangan & Industri, Hotel Santika, MediaOlahraga (Medior), Pers Daerah, Radio Sonora, PT.KompasCyber Media.Pada saat ini tercatat kurang lebih 12.000 orang karyawan tergabung dalamKelompokKompasGramedia, yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.Toko Buku Gramedia, didirikan tahun 1970, di tahun 2003 telah memiliki lebihdari 50 buah TB Gramedia hadir di wilayah Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, danSulawesi.Beberapa TB Gramedia telah meraih sertifikat ISO. TB Gramediamerupakan salah satu bisnis dari Kelompok Usaha Perdagangan dan Industri. Bisnislainnya bergerak di bidang produksi tissue, mebel rotan, jasa periklanan, importer dandistributor sarana pendidikan.

28Th. 1973dimana PT. Gramedia Pustaka Utama pertama kali berdiri sebagaipenerbit buku umum, pada saat ini telah menerbitkan berbagai buku, baik buku anak-anak, novel, buku pelajaran sekolah, universitas, buku ilmiah, kamus, dan buku-bukuresep masakan.Buku-buku komputer, elektronik, seri manajemen, majalah hobi,Fotomedia dan masih banyak buku-buku seri terbitan lain, juga diterbitkan olehpenerbit yang tergabung dalam Kelompok Multi Media dan Sarana Pendidikan(MMSP).Majalah Bobo, yang awalnya terbit pada tahun1973, sekarang telah berkembangmenjadi sebuah kelompok usaha tersendiri dibawah Kelompok Gramedia Majalah,yang antara lain terdiri dari majalah Hai, Kawanku, berbagai tabloid: Nova, Citra,Star Nova, Otomotif dan lain-lain. Tabloid olahraga Bola dan Senior, merupakanproduk lain dari kelompok usaha yang tergabung dalam Kelompok Medior (MediaOlahraga).Sistim Cetak Jarak Jauh, sebuah terobosan baru dari teknologi percetakan Gramediadan sekaligus sebagai salah satu upaya untuk peningkatan kualitas dari jasa layananpercetakan yang telah meraih sertifikat ISO.Pada saat ini telah dipakai di beberapa anak perusahaan dari Kelompok GramediaPercetakan yang berdiri pada tahun 1977, yaitu: PT Rambang-Palembang, PTBawen Mediatama, PT Serambi Prima Grafika (Aceh), Banjarmasin Press, PT AntarSurya Jaya (Surabaya) dan PT Medan Media Grafikatama.Kelompok Hotel Santika (Santika Group), yang tersebar hampir di setiap kota-kota besar di Indonesia, beberapa diantaranya telah meraih sertifikat ISO dan pada

29saat initerus bergiat untuk meningkatkan kualitas layanan di bidang jasa perhotelan.Kelompok Usaha Pers Daerah (Persda), menerbitkan surat kabar daerah seperti:Serambi Indonesia, Sriwijaya Post, Surya dan lain-lain. Masih banyak bidang usahalainnya yang saat ini sudah dirambah oleh Kelompok Kompas Gramedia, antara lain:Radio Sonora group, PT.KompasCyber Media yang bergerak di bidang jasa internetdan multi media.D.Visi dan Misi KOMPAS1.Visi KOMPAS“Menjadi Institusi yang memberikan pencerahan bagi perkembanganmasyarakatIndonesia yang demokratis dan bermatabat, serta menjunjung tinggi asas dan nilaikemanusiaan”(www.kompas.com).Dalam kiprahnya industripers “Visi Kompas” berpartisipasi membangunmasyarakat Indonesia baru berdasarkan Pancasila melalui prinsip Humanismetranscendental (persatuan dalam perbedaan) dengan menghormati individu danmasyarakat adil dan makmur. Secara spesifik bias diuraikan sebagai berikut:a.Kompas adalah lembaga pers yang bersifat umum dan terbukab.Kompas tidak melibatkan diri dalam kelompok–kelompok tertentu baik politik,agama, sosial atau golongan dan ekonomi.c.Kompas secara aktif membuka dialog dan berinteraksi positif dengan segalakelompok.

30d.Kompas adalah Koran nasionalyang berusaha mewujudkanaspirasi dan cita-citabangsae.Kompas bersifat luas dan bebas dalam pandangan yang dikembangkan tetapiselalu memperhatikan konteks struktur kemasyarakatan dan pemerintah yangmenjadi lingkungan.2.MisiKOMPAS“Mengantisipasidan merespon dinamika masyarakat secara professionalsekaligus member arah perubahan dengan menyediakan dan menyebarluaskaninformasi terpercaya”(www.kompas.com).Kompas berperan serta ikut mencerdaskan bangsa, menjadinomor satu dalamsemua usaha diantara usaha–usaha lain yang sejenis dalam kelas yang sama. Haltersebut dicapai melalui etika usaha bersih dengan melakukan kerjasama denganperusahaan–perusahaan lain.Hal ini dijabarkan dalam lima sasaran operasional sebagai berikut:a.Kompas memberikan informasi yang berkualitas dengan ciri : cepat, cermat, utuhdan selalu mengandung makna.b.Kompas memiliki bobot jurnalistik yang tinggi dan terus dikembangkan untukmewujudkan aspirasi dan selera terhormat yang dicerminkandalam gaya kompak,komunikatif dan kaya nuansa kehidupan dan kemanusiaan.

31c.Kualitas informasi dan bobot jurnalistikdicapai melalui upaya intelektual yangpenuh empati dengan pendekatan rasional, memahami jalan pemikiran danargumentasi pihak lain, selaluberusaha mendudukan persoalan dengan penuhpertimbangan tetapi tetap kritis dan teguh pada prinsip.d.Berusaha menyebarkan informasi seluas–luasnya dengan meningkatkan tiras.e.Untuk dapat merealisasikan visi dan misi Kompas harus memperoleh keuntungandari usaha. Namun keuntungan yang dicari bukan sekedar demi keuntungan itusendiri tetapi menunjang kehidupan layak bagi karyawan dan pengembanganusaha sehingga mampu melaksanakan tanggung jawab sosialnya sebagaiperusahaan.3.Nilai-nilai dasar KOMPASSeluruhkegiatan dan keputusan harus berdasarkan dan mengikuti nilai–nilaisebagai berikut:a.Menghargai manusia dan nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan harkat danmartabatnya.b.Mengutamakan watak baikc.Profesionalismed.Semangat kerja time.Berorientasi pada keputusankonsumen (pembaca, pengiklan, mitra kerja–penerima proses selanjutnya).f.Tanggung jawab sosial

32g.Selanjutnya, kita bertingkah laku mengikuti nilai-nilai tersebut dengan begitu kitaakan memberikan jasa yang memuaskan bagi pelanggan.

Dokumen Terkait

Eco Bot Merupakan Kompetisi Robotik Berskala Nasional Yang

Eco Bot Merupakan Kompetisi Robotik Berskala Nasional Yang

Perlombaan eco bot ini diperuntukkan bagi para mahasiswa akt.

Contoh Proposal / 16 kali tayang / 670KB

Proposal Akiorid

Proposal Akiorid

1 turnamen golf aki cup ix 2010 turnamen golf aki cup ix 201.

Contoh Proposal / 23 kali tayang / 497KB

No Ksei 7970jks0412 Jakarta 16 April 2012 Lamp

No Ksei 7970jks0412 Jakarta 16 April 2012 Lamp

Direksi ace hardware indonesia tbk pt 4 yang berhak memberik.

Contoh Proposal / 16 kali tayang / 95KB

Kepemimpinan Dalam Organisasi Usu Library

Kepemimpinan Dalam Organisasi Usu Library

Kepemimpinan dalam organisasi friska fakultas ekonomi univer.

Contoh Proposal / 19 kali tayang / 98KB

Manajemen Produksi Pertanian Pdf Books Ebookscenterorg

Manajemen Produksi Pertanian Pdf Books Ebookscenterorg

Httprahadiandimasstaffunsacidfiles201112manajemen perusahaan.

Contoh Proposal / 67 kali tayang / 49KB

Jumat Kurikulum 2013 Picu Kecemburuan

Jumat Kurikulum 2013 Picu Kecemburuan

Anggota komisi e dprd jateng muh zen adv men gatakan semanga.

Contoh Proposal / 21 kali tayang / 310KB