Lucya Dhamayanti Dspacelibraryuphedu8080



Keterangan eBook
Author john
CreationDate 2012-01-09T15:18:31+07:00
Creator Acrobat PDFMaker 9.0 for PowerPoint
ModDate 2012-01-09T15:19:48+07:00
Producer Adobe PDF Library 9.0
Title Slide 1
Pages 35 Page
Ukuran File 1,173 KB
Dibuka 22 Kali
Topik Contoh Proposal
Tanggal Unggah Sunday, 06 Nov 2016 - 10:01 PM
Link Unduh
Baca Halaman Penuh BUKA
Rating eBook
Bagi ke Yang Lain

Kesimpulan

Lucya Dhamayanti

Literasi dari bhs Inggris Literacy dalam bahasa Indonesia keberaksaraan, melek huruf, melek aksara .Kemampuan membaca dan menulis dalam kelompok usia tertentu

Melekhurufmerupakan hakasasi manusia , alatpeningkatan kualitassumberdayamanusia dansarana pengembangan sosial. Keberaksaraan merupakanjantungdaridasarpendidikan untuksemua (PUS) danmerupakandasar yang penting bagipenurunan angkakemiskinan, mengurangi tingkatkematian bayi, memperlambat pertumbuhanpenduduk, pencapaian persamaanjender, jaminanperkembangan , perdamaian dandemokrasi yang berlanjut . Literasi merupakan alasanyang tepatmengapa menjadipokokdaripendidikan untuksemua (Education For All/EFA)

No1.Jepang 992. KoreaSelatan 97,93. Taiwan 96,14. HongKong 93,55. Brunei 92,76. Filipina 92,67. Thailand 92,68. Sinangapura 92,57. Cina 90,98. Srilanka 90,79. Indonesia 90,410. Vietnam 90,311. Malaysia 88,7

Minat baca merupakan kecenderungan jiwa yang mendorong seseorang berbuat sesuatu dengan membaca. Minat baca ditunjukkan dengan keinginan yang kuat untuk membaca

Membaca dalam arti yang sangat sederhana adalah melakukan berbagai kegiatan yang dapat memperkaya pengetahuan serta memperluas wawasan untuk dapat membentuk watak dan sikap yang menyebabkan pengetahuan seseorang bertambah.

Umum: orang membaca adalah untuk mendapatkan informasi baruKhusus yaitu: Membaca untuk tujuan kesenangan. Termasuk dalam kategori ini adalah membaca novel, surat kabar, majalah, dan komik.

Masyarakatmengisiwaktuluangdengan membaca, menonton , mendengarkan radio danrekreasi (frekuensimembaca danmenonton hampirseimbang ).Padaumumnya waktuygdigunakan olehrespondenuntuk menonton lebihlama ( lebihdari3 jam sehari) dibandingkan denganwaktuyang digunakan untukmembaca.Pada umumnya minatbacadapat dikategorikan rendah.Berdasarkan perhitunganrata ratauntuk 3 indikatorminat baca(durasi membaca, frekuensimembaca, dankorbanan untukmembeli bahanbacaan ), maka skoruntuk masyarakat ditiga kota adalah 3,2 pada skala 1 sampai 7.

Semakin tua usia, semakin pendek durasi membacanya.Semakin tua umur semakin jarang datang ke perpustakaan.Semakin tua umur semakin besar biaya yang dikorbankan untuk membeli buku.Semakin tua umur semakin banyak buku yang dimiliki.

Semakintinggipendidikan seseorangsemakin, semakin banyakkorbanan waktuyang diberikanuntuk membaca .Semakintinggipendidikan seseorang, saminjarang jarang berkunjung keperpustakaan .Jenisbacaan yang digemari koran, majalah, bukudan komik .Topik bacaan yang yangpaling digemaripengetahuan umum, ilmu pengetahuan , agama, sastra

Gerakan Makasar Gemar MembacaPendirian Taman-taman Bacaan MasyarakatGerakan Riau MembacaGerakan Hibah Sejuta BukuPendirian Sudut -sudut Baca

PeningkatanPrestasiBelajarTujuanmeningkatkan prestasibelajaradalahuntukmemantau berapabanyak fasilitas pendidikan dapattercermin dalamprestasi belajarsiswa. Berbagai pendekatan dilakukanuntukmengukur prestasibelajardanpendidikan keluarandanhasil . Beberapa negaramengukur prestasibelajar melalui tesuntuk melihat penguasaan kurikulum. Negara-negaralain mengukur melaluipembelajaran pentingtesstandar kompetensiatau keterampilan dasar. Mengukur PrestasiBelajarProgram (MLAP) menekankan prestasibelajarsiswadikelas empat ataulebih karenamereka diasumsikan untukmenguasai beberapaketerampilan sepertipembelajaran bahasadanaritmatika . Yang MLAP jugadigunakan untukmengukur kompetensi anak-anak yang tidak disekolah . Kompetensidiuji mencakup 4 pilar belajar yang diperkenalkan olehKomisiInternasional tentangPendidikan untukAbad ke-, dipimpin olehJacques Delors : belajar untuktahu, belajar melakukan , belajar menjadi danbelajar untukhidupbersama, untukhidupdengan oranglain. ( http://www2.unesco.org/wef/countryreports/indonesia/contents.html, diunduh 20 Januari 2010)

Keempat pilar belajar tersebut, yaitubelajar untuk tahu, belajar melakukan, belajar menjadi dan belajar untuk hidup bersama, untuk hidup dengan orang lain. Dapat diwujudkan dengan meningkatkan literasi informasi seseorang.

Di dalam program pengembangan kurikulumdanpendidikan nasional, perpustakaan sekolahhendaknya dipandangsebagaibagianpentingguna memenuhi berbagaitujuanyang berkaitandengan halberikut :literasi informasi untuksemua , dikembangkandan diterima secarabertahap melaluisistemsekolahketersediaan sumberdayainformasi bagimurid padasemua tingkatpendidikanmembuka penyebaran informasidanpengetahuan bagisemua kelompok muridsebagai pelaksanaan hakdemokrasi danasasimanusia

"Literasiinformasi mengarahkan pengetahuanakan kesadaran dankebutuhan informasiseseorang , dan kemampuan untukmengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi , mengorganisasi dansecara efektif menciptakan , menggunakan , mengomunikasikan informasiuntuk mencari solusiatasmasalah yang dihadapi ; juga merupakan persyaratan untukberpartisipasi dalammasyarakat informasi, danmerupakan hakasasi manusia untukbelajarsepanjang hayat.(US National Commission on Library and Information Science, 2003)

Literasi informasi merupakan kemampuan seseorang dalam: mengenali kebutuhan pribadi akan informasi untuk memecahkan masalahmengembangkan strategi penelusuran menemukan informasi yang berhubungan dengan topikmengelompokkan, mengorganisasi, menganalisa dan mengevalusi informasi yang telah ditemukanmengumpulkan dan menyatukan informasi yang didapat dalam bentuk tulisan untuk disampaikan kepada orang lain.

Agar seseorang mempunyai kemampuan literasiinformasi , maka ia:Harus Melek hurufdanmempunyai minatbacaSebaiknya : Memiliki literasikomputer( kemampuan untukmemahami hardware, sofware , internet, penelusuran informasi, jaringan komunikasi dankomputer , data daninformasi , sistem informasi , aplikasi sofware, etika ygberkaitan denganprivasiinformasi dankeamanan komputer)Literasimedia keterampilan untukmemahamisifat komunikasi khususnyadalamhubungandengan telekomunikasi danmedia massa

Kondisiperpustakaan sekolah:Harusdiakui bahwa belumsemua sekolah diIndonesia memilikiperpustakaan yang memadaiuntuk mulaimelaksanakan program literasiinformasi . Dari beberapa surveiyang pernahdilakukan ditemukan gambaranbahwauntuktingkatkabupaten ataukota prosentase SekolahDasar(SD) yang memiliki perpustakaan tertinggidicapaiolehKabupaten Kotawaringin Barat yang 91,57% dariSD yang adatelah memiliki perpustakaan . Di sisilain prosentase terendahadalahKabupaten Halmahera Selatan dengan 0.40% dariSD yang adamemilikiperpustakaan . Untuk tingkat provinsi , grafik berikutmemberikan gambaranbetapamasihminimnya SD yang memiliki perpustakaan .

Untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), provinsi dengan jumlah SMP yang memiliki perpustakaan terbanyak adalah Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu 2286 perpustakaan. Sedang provinsi yang memiliki paling sedikit perpustakaan adalah Maluku Utara dengan jumlah 26 perpustakaan. Grafik berikut menggambarkan keadaaan untuk tingkat provinsi di Indonesia.

Di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) saja belum semua SMA memiliki perpustakaan yang baik. Keadaan ini ditunjukkan dalam grafik berikut yang menyatakan prosentasi SMA yang memiliki pepustakaan pada lima daerah yang diamati.

Prosentase Jumlah Perpustakaan SMATh 2003/2004 per Wilayah56%25%5%7%7%W ilay ah JawaW ilay ah SumateraW ilay ah KalimantanW ilay ah Sulawes iwilay ah Pulau Ind. Timur

Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di DKI Jakarta tidak satupun memiliki petugas berpendidikan formal dalam bidang perpustakaan (Perpustakaan Nasional RI, Kajian Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di DKI Jakarta tahun 2001). Di sebagian besar (65%) perpustakaan Sekolah Menengah Pertama Swasta di DKI Jakarta, hanya memiliki satu orang petugas perpustakaan. Mereka tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai dalam mengelola perpustakaan. Namun 50% dari tenaga perpustakaan di SMP swasta di DKI Jakarta, pekerjaan utamanya adalah di perpustakaan sekolah. Mereka hanya dibebani sedikit jam mengajar (Perpustakaan Nasional RI, Kajian Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Swasta di Wilayah DKI Jakarta, tahun 2003). TenagaperpustakaanSMA/K negeridiDKI Jakarta sebagian besarhanya berbekal diklatPerpustakaan antara1 –2 minggu . Dan sebagian kecillainnya pernahmengikuti diklatPenyetaraan (628 jam lat). Koordinator perpustakaannya sebagianbesardijabat olehpetugas TU (55%), sebagian kecildijabat olehguru (21%) dansisanya adalahpetugas honorer(KajianPerpustakaan SMU danSMK Negeri diWilayah DKI Jakarta tahun 2002).Sedangkandata yang berasal daripangkalan data Nomor PokokPerpustakaan2004 menggambarkan bahwasebagian besar(90%) perpustakaan SD diIndonesia tidak memiliki petugasperpustakaan yang tetap, perpustakaan SMP 70% danperpustakaan SMA/K 50% (KajianPerpustakaan SMU danSMK Negeri diWilayah DKI Jakarta tahun 2002).

KoleksiSebagianbesar(99%) koleksi perpustakaan SD Negeri diDKI Jakarta berasaldarisumbangan pemerintah. Jeniskoleksi yang dimilikinya sebagianbesarberupa bukudanhanya 3 % yang mempunyai koleksiaudio visual ( Perpustakaan Nasional, KajianPerpustakaan SekolahDasar Negeri diDKI Jakarta tahun2001). Sebagian besarperpustakaan sekolahSD dan SMP hanya memiliki koleksidi bawah 500 buku . Koleksi fiksi merupakan koleksi yang paling besar prosentasenya di perpustakaan. Pengembangan Koleksiyang dilakukan masihmengandalkan hadiahdanhibah. Sedangkan diperpustakaan SMA Negeri diwilayah DKI Jakarta meskipunjumlah koleksinya bervariasiantara1000 sampai dengan10.000 masihdirasa kurang karenatidakmencapai 1 peserta didik: 14 buku (Kajian Perpustakaan SMU danSMK Negeri diwilayah DKI Jakarta tahun2002).

LayananPerpustakaanPerpustakaanSD diwilayah DKI Jakarta, selainmenyelenggarakan layananpeminjaman/ sirkulasi, untukmenarik anakdatang keperpustakaan jugamengadakanprogram bercerita, kegiatanmengarang , meringkas buku, membuat kliping, mengadakan lombamembaca danmengadakan cerdascermat. Sebagian besarperpustakaanSMP diwilayah DKI Jakarta hanya menyediakanlayananpeminjaman/ sirkulasidengandurasijam bukaperpustakaan lebihdari3 jam perhari. Di PerpustakaanSMA/K negeri, layanan perpustakaan tidakhanya berupalayanan peminjaman/ sirkulasimelainkan jugaprogram lain seperti Orientasi Perpustakaan sertalayanan Audio Visual. Sebagian besarperpustakaan jam bukanya berkisarantara 2- 3 jam per hari.

RuangPerpustakaanHanya30% perpustakaan SD diwilayah DKI Jakarta yang memiliki ruangyang dibangun khususuntukperpustakaandiantaranya berukuranlebihdari200 m², selebihnyamenggunakan ruangkelas, ruang serbagunadanbahkanada yang menggunakan gudang. Di perpustakaan SMP Swasta diwilyah DKI Jakarta sebanyak44,2% memilikiruang khusus untukperpustakaan yang luasnya berkisarantara 11m² –50m², selebihnya menggunakan ruangkelas , tata usaha, laboratorium danOSIS. Sebagian besarperpustakaan SMA/K negeridiwilayah DKI Jakrtamenempati ruanganyang ukurannya kebihdari51m². Ruangan diperpustakaan SD, SMP maupun SMA/K dilengkapi dengansaranadanprasarana perpustakaanseperti , rak buku , meja dankursi baca, papanpengumuman, rakkatalog danmeja dankursi kerja.

NO.PerpustakaanLayanandankegiatanlainTingkatanLiterasiInformasi1.SMAN 4Denpasar(ruang , koleksi , multi media, internet akses)Sirkulasi, Referensi , OrientasiPerpustakaan, pengenalan internet2. SMAN3 Samarindaruang , koleksi , (ruang , multi media, internet akses) Sirkulasi,lomba minatbaca Pembinaan penalarandanMinat Baca*3. MA N 3Malang ( ruang, koleksi , multi media, internet akses) Sirkulasi, referensi4. MAN 3 Yogyakarta (ruang, koleksi , multi media, internet akses)Sirkulasi, referensi , silanglayan, kegiatan belajardanmengajar diperpustakaan Bimbinganpemakai, konsultasi bukudanpenulisan5. SMAN 70 Jakarta(ruang , koleksi , multi media, internet akses) Sirkulasi, referensi Lombaminatbaca, pelatihan menukiscerpen , apriasi sastra

Standarkompetensi1.Mengembangkan kemampuandiria.lmeningkatkan motivasidanketerampilanbelajar2.Mengembangkan penalaran:Meningkatkan kemampuananalisisMeningkatkan keterampilanproblem solvingMenumbuhan kemampuanberfikirdivergenMenajamkan kemampuanberpikirlogisMengasah kemampuan berpikirsintetisdanevaluatif

3. Membudayakan kebiasaandanminat bacaMembentuk minatbacaMemahami teksbukuMemiliki kemampuan reproduktif(mengungkapkakembali hasilbacadalam bentuk lisandantulisan )Memiliki stamina membacaMemilkikemampuan reflektifMemahamijenisbukuMenguasai teknikmebaca dankutipanMemilik kemampuan menggunakan bukusebagaireferensiMemiliki ketertarikan untukmengkoleksi bukuMemilikiminatkunjungan keperpustakaan

Hampir sama dengan perpustakaan sekolah, perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia baru sebagian kecil melaksanakan program keterampilan literasi informasi. Contoh di UI sudah memiliki modul yang di gunakan sebagai salah satu modul pada program keterampilan belajar mahasiswa baru.

Sosialisasi melalui: seminar, workshop, penyusunan dan distribusi pedoman.Standard Kompetensi Tenaga Perpustakaan SekolahStandar (manajemen) perpustakaan sekolah

Forum Perpustakaan PerguruanTinggi(seminar dan lokakarya diberbagai daerah)Forum Perpustakaan Sekolah(seminar)Asosiasi PekerjaInformasi Sekolah/APISI (workshop diberbagai kota, diantaranyabekerjasama dgnIFLA/ALP)Asosiasi TenagaPerpustakaan SekolahIndonesia (seminar internasional yang mengawali pendirianATPUSI)Beberapa institusisptlembaga pendidikan dibawah Ursulin, Yayasan SekolahPenabur, IAIN, Atmajaya.Dll

Program LiterasiInformasi Perpustakaan SekolahSurvey perpustakaan sekolah(*)Pembentukan satuankerjaKajiankebutuhan information literacy nasionalPerumusanaplikasiinformation literacy padakurikulumPerumusan bersamamodel standar information literacyPerumusan & penyusunan proposal program pembinaan information literacyPenyusunanpedomaninformation literacy disekolahPembangunan SitusPendidikan Gratis NasionalSeminar Nasional Information LiteracyBantuanpengembangan program information literacy diperpustakaan sekolahPelatihan& Sertifikasi Information Literacy GuruPelatihan& Sertifikasi Information Literacy PerpustakaanDaerahKoordinasiantarlembagaKoordinasi daerahPembentukan forum bersama information literacySosialisasi Information Literacy ( brosur& manual, dll.)SupervisiprogramKerjasama InternasionalEvaluasiprogram Kajianlanjutan program

Program LiterasiPerpustakaanPerguruanTinggiSurvey perpustakaan perguruantinggiPembentukan kerjabersamaKajian kebutuhan information literacy tingkat tingginasionalPerumusan bersamamodel akuisisi information literacy tingkattinggiPerumusan & penyusunan proposal program information literacy tkt tinggiPembangunan SitusSeminar Nasional Information Literacy tingkattinggiKoordinasi antarlembagaKoordinasi daerahPembentukan forum KerjasamaRegionalEvaluasiprogram Kajianlanjutan program

PengembanganLiterasiInformasi tidakbisadikerjakan olehsatulembaga sajamelainkanharus merupakan kegiatanyang bersifat sinergisdi antara pihakpihakyang berkepentingan dalampeningkatan keterampilan hidupmasyarakat, seperti Perpustakaan Nasional, Depdiknas, Asosiasi profesikepustakawananHarusadarencana indukpengembangan literasiinformasi yang menjadi gerakan nasional yang terpadu danterarah ditingakat pusatdandaerah .Dukungan infra struktur, saranaprasarana danSDM yang memadaikompetensinya untukpengembangan LitrasiInformasi .

Dokumen Terkait

Promosi Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Promosi Pengendalian Penyakit Tidak Menular

Media massa dunia usahaswasta masih sehat well being dan mas.

Contoh Proposal / 21 kali tayang / 92KB

Proposal Tugas Akhir Usu Institutional Repository

Proposal Tugas Akhir Usu Institutional Repository

Rudianto sinaga pengendalian tegangan motor induksi phasa se.

Contoh Proposal / 20 kali tayang / 940KB

Measuring Performance Guide To Evaluation Major Gifts

Measuring Performance Guide To Evaluation Major Gifts

Measuring performance a station managers guide to evaluating.

Contoh Proposal / 13 kali tayang / 109KB

Pengaruh Kegiatan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi

Pengaruh Kegiatan Pariwisata Terhadap Sosial Ekonomi

Pengaruh kegiatan pariwisata terhadap sosial ekonomi masyara.

Contoh Proposal / 39 kali tayang / 59KB

Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kalender Pendidikan Tahun

Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kalender Pendidikan Tahun

Bab v kegiatan proses pembelajaran pasal 5 1 pada awal tahun.

Contoh Proposal / 22 kali tayang / 46KB

Simulasi Distribusi Tegangan Pada Helm Sepeda Motor Non

Simulasi Distribusi Tegangan Pada Helm Sepeda Motor Non

Izwar lubis simulasi distribusi tegangan pada helm sepeda mo.

Contoh Proposal / 21 kali tayang / 10,270KB